Wisata Jogja yang Dipakai Syuting

Wisata Jogja yang Dipakai Syuting  – Setelah melewati beberapa tahap proses dalam penyaringan,akhirnya kami dapat menyempurnakan artikel yang sudah kami kumpulkan dengan data-data dari sumber yang terpercaya mengenai wisata di Jogja yang pernah dipakai untuk syuting variety show Korea.

Wisata Jogja yang Dipakai Syuting

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal dengan destinasi wisatanya yang banyak diminati. Mulai dari wisata di tengah kota seperti Malioboro, Keraton, hingga pantai di ujung Jogja sangat diminati masyarakat dari berbagai daerah.
Keindahan tempat wisata di Jogja juga membuat beberapa pembuat film memutuskan untuk memilih Jogja sebagi lokasi syuting. Mulai dari film nasional hingga acara variety show dari Korea juga pernah syuting di Jogja. Berikut destinasi wisata yang pernah digunakan untuk syuting dan wajib untuk dikunjungi saat ke Jogja.

1. Gereja Sayidan

Sempat viral di media sosial gereja yang satu ini ternyata berada di Sayidan. Gereja ini viral setelah muncul pada video clip lagu milik Virgoun yaitu “Bukti”. Tempat ini menjadi tempat pertemuan Starla dan Hema dalam video tersebut.
Gaya arsitektur yang membuat serasa di luar negeri membuat banyak netizen penasaran dengan gereja tersebut hingga mengunjunginya. Sebelumnya gereja ini tidak terlalu terlihat dari jalanan. Setelah mengalami pemugaran, kini gereja itu terlihat jelas dari jalanan.

2. Candi Ratu Boko

Setelah lama berpisah, Rangga dan Cinta akhirnya dipersatukan kembali di Jogja pada film AADC2 (Ada Apa dengan Cinta 2). Setelah bertemu, mereka mengunjungi berbagai lokasi wisata di Yogyakarta, salah satunya adalah Candi Ratu Boko.
Candi Ratu Boko merupakan reruntuhan sejumlah bangunan purbakala yang letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang romantis sangat cocok untuk berlibur bersama pasangan seperti Rangga dan Cinta.

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu sebenarnya terletak di Magelang, tidak jauh dari Candi Borobudur. Tetapi jarak Punthuk Setumbu tidaklah jauh dari pusat kota Jogja, hanya sekitar satu jam menggunakan mobil seperti Rangga dan Cinta dalam film AADC2.
Punthuk Setumbu memiliki pesona sunrise yang luar biasa dan jika beruntung Candi Borobudur dapat terlihat di kejauhan. Selain itu, tak jauh dari punthuk setumbu terdapat sebuah Gereja berbentuk Ayam yang juga didatangi Rangga dan Cinta.

4. Desa Wisata Gamplong

Desa Wisata Gamplong merupakan salah satu lokasi syuting dari film Bumi Manusia. Bumi Manusia merupakan film diperankan oleh Iqbal Ramadhan dan Mawar Eva dengan latar cerita di masa lalu. Dapat dilihat dalam film tersebut terdapat bangunan-bangunan klasik yang memanjakan mata.
Desa Wisata ini menyajikan sebuah studio alam ala Hollywood yang sebelumnya digunakan sebagai lokasi syuting film Sultan Agung dan kini telah menjadi destinasi wisata.
Selain itu, di Desa Gamplong juga terdapat museum Bumi Manusia yang merupakan rumah dari Nyai Ontosoroh dan Annelies Mallema dalam novel Bumi Manusia.

5. Waduk Sermo

Jika sudah menonton film Bumi Manusia pasti tahu adegan Iqbal dan Mawar Eva berduaan ditemani para kuda. Pemandangan indah dibelakangnya adalah Waduk Sermo. Waduk ini berada di Kolon Progo, sekitar satu jam dari pusat kota Jogja.
Waduk Sermo memiliki air yang jernih dan pulau kecil di tengahnya. Dikelilingi pepohonan dan rumput yang hijau, waduk yang satu ini sangat cocok untuk camping , terlebih lagi ditemani dengan keindahan matahari terbenam. Sangat cocok untuk melepas kepenatan dari kegiatan sehari-hari.