Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Air Terjun Sri Gethuk – Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang terletak di Gunung Kidul, yang menawarkan pesona air terjun alami serta tak kalah indahnya dengan Grand Canyon di Amerika.

Ketika kamu akan berencana liburan ke Yogyakarta, sudahkah kamu menentukan tempat mana saja yang akan kamu kunjungi? Yogyakarta menawarkan berbagai pilihan tempat wisata yang dapat menjadi alternatif destinasi liburanmu. Mulai dari yang mainstream, hingga tempat-tempat wisata baru yang masih jarang tersentuh oleh wisatawan. Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu diantaranya.

Air Terjun Sri Gethuk memang merupakan tempat wisata yang dapat dikatakan cukup muda. Walaupun demikian, keindahan panorama alam yang dimiliki air terjun ini mampu menyedot minat wisatawan dari berbagai penjuru. Suasana alam yang masih asri, serta gemericik air terjun dapat membuat jatuh cinta bagi siapa saja yang melihatnya.

Secara administratif, air terjun tersebut terletak pada Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi, pengunjung setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 36 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Lokasinya juga tak jauh dari obyek wisata Goa Rancang Kencono.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sri Gethuk, wisatawan dapat mengambil rute jalan menuju Wonosari. Setelah tiba di pertigaan gading, ambil jalur menuju daerah Playen. Ketika berada di daerah Playen, banyak terdapat petunjuk arah yang memudahkan wisatawan untuk menuju ke tempat wisata tersebut.

Setelah itu wisatawan harus melakukan perjalanan melalui hutan kayu putih dan ladang kayu jati hingga tiba di area pemancingan. Dari sini pengunjung dapat memilih dua jalur yang tersedia, yaitu melalui jalan setapak atau naik rakit sederhana yang terbuat dari drum bekas menyusuri Sungai Oya. Menaiki rakit dan menyusuri Sungai Oya merupakan keasyikkan tersendiri sembari menikmati keindahan sisi kanan dan kiri dari sungai tersebut.
Tak hanya itu, tebing-tebing karst yang kokoh seakan melindungi kelestarian alam dari jamahan tangan tak bertanggung jawab. Air sungai yang tenang berwarna kehijauan, dipadukan dengan udara sejuk menciptakan suasana asri yang menentramkan jiwa. Seolah rasa penat dari perjalanan panjang yang ditempuh sirna seketika.

Setelah menyusuri Sungai Oya, tibalah wisatawan pada tempat yang dituju yaitu Air Terjun Sri Gethuk. Akan nampak sebuah fenomena air terjun eksotis dengan derasnya air yang jatuh dari tebing-tebing tinggi ke bebatuan di tepi sungai. Bebatuan yang ada di bawah air terjun tersusun secara rapi, seolah dibuat oleh tangan-tangan terampil yang menambah keelokan dari tempat wisata ini.

Suara gemericik air seakan menjadi magnet bagi wisatawan untuk segera mandi dibawah derasnya guyuran air. Tebing-tebing sekitar dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang menambah kesan alami Air Terjun Sri Gethuk. Wisatawan dapat dengan leluasa menikmati segarnya guyuran air terjun dari bawah.

Berkunjung ke air terjun ini, tak lengkap jika tak berenang di Sungai Oya. Airnya sangat tenang dan jernih, berwarna kehijauan serta sangat segar. Dangkalnya air juga membuat wisatawan merasa aman untuk berlama-lama berenang di sungai ini.

Menikmati panorama alam Air Terjun Sri Gethuk juga dapat menjadi pilihan menghabiskan waktu berlibur. Wisatawan dapat bersantai menikmati hijaunya alam sekitar air terjun, serta ditemani suara gemuruh air yang jatuh di bebatuan. Suasana di tempat wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin refreshing dari rutitnitas sehari-hari.

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk memiliki fasilitas pendukung yang cukup memadai, seperti tersedianya toilet umum, penitipan barang, persewaan pelampung dan ban, persewaan rakit, warung-warung, serta mushola yang dapat digunakan wisatawan beribadah.

Terlepas dari jalan yang menjadi akses utama menuju lokasi wisata yang masih dalam kondisi seadanya. Hanya terdapat jalan setapak melewati persawahan, serta jalan di hutan kayu putih dan kayu jati yang masih perlu diperbaiki.
Air Terjun Sri Gethuk memang masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Pemerintah seharusnya ikut andil dalam pengembangan fasilitas di air terjun ini, mengingat potensi wisata yang cukup besar dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Berikut adalah kegiatan dan aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan di Air Terjun Sri Gethuk.
Menikmati Keindahan Alam

Baca Juga :

Air Terjun Sri Gethuk menyimpan pesona alam yang memukau untuk dinikmati. Kamu akan disajikan keindahan alam yang masih asri dan alami. Dengan menaiki rakit yang terbuat dari drum bekas, kamu dapat melihat hijaunya tumbuhan serta tebing-tebing karst yang nampak indah disisi kiri dan kanan Sungai Oya.

Tak hanya itu, kamu bisa melihat air terjun yang eksotis dengan kucuran air yang tak pernah kering walaupun musim kemarau. Bebatuan dibawah air terjun tersusun secara apik dan alami, menambah keindahan air terjun tersebut. Jika musim penghujan, kamu juga bisa melihat fenomena munculnya pelangi dari air terjun yang terletak di Jogja ini.

Berenang dan Bermain Air

Ketika kamu mengunjungi air terjun, berenang dan bermain air seperti menjadi aktivitas wajib yang harus kamu lakukan. Kamu bisa merasakan segarnya guyuran air yang jatuh membahasi seluruh tubuh dari bawah air terjun. Airnya yang segar akan menghilangkan rasa penat dari perjalanan jauh yang kamu tempuh.

Kamu juga bisa berenang di Sungai Oya yang ada di Air Terjun Sri Gethuk. Karakteristik air yang tenang dan jernih, serta tak terlalu dalam menjadikan tempat ini favorit wisatawan untuk berenang. Jika kamu tak pandai berenang, kamu dapat menyewa pelampung dan ban yang telah disediakan oleh pengelola setempat.
Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk, wisatawan harus merogoh kocek sebesar Rp. 30.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk tiket ke tempat wisata Goa Rancang Kencono. Sedangkan untuk naik rakit, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000.
Sejarah Air Terjun Sri Gethuk

Sekilas ketika mendengar namanya, tentu sebagian orang mengira asal usul dari nama air terjun ini berasal dari gethuk yang merupakan salah satu camilan khas masyarakat Jawa yang terbuat dari singkong. Nyatanya keliru, kata Gethuk sendiri didapat dari kata Kethuk yang merupakan salah satu perangkat gamelan jawa.

Konon masyarakat mempercayai bahwa air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan perangkat gamelan Kethuk yang merupakan milik makhluk halus, yaitu Jin Anggo Meduro. Cerita tersebut masih dipercayai masyarakat setempat hingga kini. Bahkan pada waktu tertentu, masih sering terdengar suara-suara gamelan dari air terjun yang dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2007 ini.

Pesona Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk memiliki pesona panorama alam yang sangat mempesona. Bahkan disebut-sebut keindahan alam yang ada pada tempat wisata ini tak kalah dengan Grand Canyon Arizona di Amerika Serikat. Air terjun ini berada pada perbukitan karst yang memang merupakan ciri topografi dari Kabupaten Gunung Kidul.

Jika berkunjung ke air terjun ini, sangat disarankan bagi wisatawan untuk menggunakan rakit menyusuri Sungai Oya. Memang sedikit menantang, namun semua itu akan setimpal dengan pemandangan alam yang ditawarkan. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhkan dengan hijaunya tumbuhan yang memenuhi sisi kiri dan kanan sungai.