Pantai Indrayanti Di Yogyakarta

pantai indrayanti di yogyakarta

Pantai Indrayanti,Yogyakarta – Yogyakarta selain terkenal akan sebutan Kota Pelajar juga terkenal sebagai kota wisata,sejarah,budaya dan kuliner.kota Yogja ini banyak menyimpan tempat wisata yang menarik dan unik yang sangat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu wisata yang saat ini menjadi pilihan utama wisatawan untuk menghilangkan penat dan untuk menghabiskan waktu libur adalah pantai.

Terdapat puluhan pantai yang ada di Jogja yang dijadikan pilihan wisatawan untuk berlibur, mulai dari pantai dengan pasir hitam maupun pasir putih. Jika Anda ingin mengunjungi pantai dengan pasir putih maka Anda bisa menemukan di daerah Gunung Kidul dan jika Anda ingin pantai yang berpasir hitam Anda bisa menemukannya di daerah Bantul. Salah satu pantai dengan pasir putih yang sampai saat ini banyak pengunjung adalah Pantai Indrayanti.Pantai Indrayanti berada di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang menarik yang ada di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai yang sering direkomendasikan pada wisatawan. Nama Pantai Indrayanti sudah cukup terkenal bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Indrayanti tidak jauh berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya, mempunyai pemandangan yang indah, pasir halus yang luas, dan laut biru lepas yang bersih.

Pantai ini dulu bukanlah bernama Pantai Indrayanti seperti yang kita dengan sekarang. Pemerintah yang ada di daerah Gunung Kidul memberi nama pantai ini dengan nama Pantai Sawal atau sering disingkat sebagai Pantai Pulsa olah warga disekitar pantai. Dulu pantai yang masih bernama Pantai Sawal ini, tidak terpikirkan untuk pembangun dan kegiatan wisata, sehingga kondisi disekeliling pantai banyak ditumbuhi tanaman pandan laut dan semak belukar oleh masyarakat setempat untuk dimanfaatkan makanan ternak.

Sekitar tahun 2009 ada pihak swasta yang mencoba untuk mendirikan cafe dan resto di pinggir pantai tersebut. cafe dan resto diberi nama Indra dan Yanti sehingga disingkat “Indrayanti”. Tidak disangka lambat laun cafe dan resto ini banyak dikunjungi wisatawan, sehingga masyarakat yang ada disekitar pantai mengembangkan berbagai fasilitas untuk membuat nyaman wisatawan. Hanya dalam waktu singkat nama Indrayanti melambung dan membuat pantai tersebut menjadi ramai pengunjung dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Daya Tarik Pantai Indrayanti

Letak pantainya yang di apit dengan batu karang raksasa yang terlihat mirip dengan Pantai Pelang,serta bukit-bukit seperti memberi batasan alami dari garis pantainya. Hal ini yang membuatnya unik dan tentu jarang kita jumpai pada pantai di daerah lain.Hamparan pasirnya yang berwarna putih yang terlihat sekilas mirip dengan Pantai Serang Blitar,juga begitu menyatu dengan lautnya yang berwarna biru.Selain itu, kondisi pantainya yang bersih juga menjadi nilai tambah pantai ini. Hal itu tidak terlepas dari pengelola pantai yang memang tidak segan-segan menjatuhkan denda bagi wisatawan yang membuang sampah pada sembarang tempat.Tidak tanggung-tanggung, anda bisa terkena denda hingga Rp 100.000 jika membuang sampah tidak pada tempatnya.

Wisata Pantai Indrayanti

Banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai ini. Namun yang paling krusial menurut saya jika baru pertamakali tiba di pantai ini sebaiknya anda menyewa sebuah tempat beristirahat.Anda bisa menjatuhkan pilihan dengan menyewa sebuah gazebo yang berada di sekitar pantai. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 30.000, anda sudah bisa menikmati suasana pantai sambil beristirahat bersama keluarga.
Opsi lain bagi anda yang tidak terlalu membutuhkan tempat/ruang yang cukup besar, anda bisa menyewa sebuah payung serta alasnya yang keberadaanya cukup banyak di sekitar tepi pantai. Dengan uang Rp 20.000, anda sudah bisa dengan nyaman menikmati suasana pantai.

Tak lengkap rasanya jika datang ke pantai ini tapi tidak menyempatkan diri untuk mandi-mandi di tepi pantai. Karena di pantai ini anda bisa menikmati air yang begitu sejuk dan jernih. Hal ini tentu menyenangkan bagi anda yang datang bersama keluarga.

Namun anda juga tetap waspada. Karena seperti halnya beberapa pantai di Tulungagung yang mempunyai ombak besar, di pantai ini pun kadang terjadi ombak yang cukup besar pada waktu-waktu tertentu. Sehingga anda tetap harus waspada jika bermain di tepi pantai.

Penginapan di Pantai Indrayanti

Anda yang datang dari luar daerah tidak perlu khawatir kemalaman karena terlalu asyik main di pantai.Karena di sekitar pantai ada beberapa penginapan yang bisa anda sewa untuk menghabiskan malam di Pantai Indrayanti. Anda tinggal menyesuaikan isi dompet dan mulai mencari penginapan yang sekiranya pas untuk anda.
Tarif penginapan permalamnya juga variatif mulai dari kisaran Rp 100.000 hingga jutaan. Tentunya tarif penginapan mengikuti fasilitas yang tersedia.
Berikut beberapa penginapan yang ada di sekitar objek wisata Pantai Indrayanti ini yang bisa menjadi pilihan anda.
1.Penginapan Joglowatukelir.
2.Penginapan Cemara Udang.
3.Penginapan Walet Guest House.
4.Penginapan Griya Pasir.
5.Penginapan Bamboo Lengkung Cottage.
6.Penginapan Rock Garden Homestay.

Namun anda yang tidak ingin bermalam di penginapan juga bisa mendirikan tenda di area sekitar pantai sambil menikmati suasana malam dengan hilir angin dan suara ombak saling kejar mengejar. Di jamin puas berwisata ke pantai ini.

Lokasi Pantai Indrayanti

Pantai ini berlokasi di Jl. Pantai Selatan Jawa, Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rute Menuju Pantai Indrayanti

Rute menuju ke pantai ini cukup mudah dan hanya berjarak sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta,Dan pastinya anda tidak akan tersesat karena petunjuk jalan dari Yogyakarta menuju pantai ini juga cukup banyak.
Anda bisa memilih salah satu dari dua rute menuju ke Pantai Indrayanti/Pulang Sawal ini.

A.Rute umum yang biasa digunakan oleh wisatawan ke objek wisata ini adalah dari Yogyakarta menuju ke jalan Wonosari (ringroad timur), lalu dilanjutkan menuju ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. Nah, dari Tepus ini anda tinggal ikuti petunjuk jalan ke arah pantai.

B.Rute yang ke dua sebagai alternatif menuju pantai. Anda bisa melalui jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Dari Pantai Baron ini anda lanjut ke arah timur sekitar 10 km dan anda akan sampai ke Indrayanti.