Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

tempatwisatadiyogyakarta.web.id – Tempat wisata Hutan Mangrove Pasir Kadilangu saat sedang dicari para traveler. Unggahan foto-foto yang kerap menghiasi social media membuat banyak wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi. Apakah anda termasuk salah satu yang ingin merasakan sensasi unik di hutan bakau?

Muncul banyak obyek wisata baru dan kekinian membuat pariwisata di Kulon Progo terus menggeliat. Apalagi kabupaten di sebelah barat Yogyakarta ini bakalmemiliki bandara internasional tentunya perlu dimanfaat sebaik mungkin untuk lebih menggenjot berbagai potensi yang dimilikinya, khususnya di bidang pariwisata.

Salah satu obyek wisata yang sedang banyak dibicarakan orang adalah sebuah wisata pantai di ujung barat Kulon Progo yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo. Yaps, Pantai Pasir Kadilangu memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga pantai selalu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya saat akhir pekan dan pada waktu liburan sekolah.

Baca juga : the world landmarks merapi

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu lokasinya sekitar 25 km arah barat Yogyakarta atau tepatnya di Dusun Pasir Kadilangu, Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Ada beberapa daya tarik yang menjadi andalan pengunjung di kawasan ini, yaitu meliputi:

1. Spot Unik Hutan Mangrove Pasir Kadilangu
Ada cukup banyak spot unik di Hutan Mangrove Pasir Kadilangu yang sangata disukai pengunjung. Diantaranya adalah jembatan bambu yang dirancang dengan bentuk hati berwarna merah muda (pink) yang menarik. Banyak pasangan muda yang senang berfoto selfie di sekitar jembatan bambu ini.

Spot lainnya yang juga popular adalah sebuah stand yang juga berbentuk hati namun dibangun dari ratusan atau ribuan bunga-bunga sehingga terlihat unik dan cantik. Juga ada menara berbentuk lancip dengan ketinggian sekitar 3 meter yang berfungsi sebagai gardu pandang dan kerap dimanfaatkan untuk foto selfie. Selain itu juga ada jembatan bola bola, rumah pohon, ayunan kepompong, hingga kerang raksasa.

2. Keindahan Hutan Mangrove
Mangrove atau tanaman bakau yang mendominasi kawasan ini membuat pemandangan pantai Kadilangu terlihat unik dan berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya. Fungsi tanaman bakau untuk menahan abrasi dan penyaring air laut ini merupakan hasil swadaya warga sekitar pantai.

Selain manfaatnya yang banyak untuk warga, pesona pantai dengan hutan bakaunya juga sangat indah. Melalui jembatan bambu yang dibangun warga, pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menikmati rimbunnya tanaman bakau.

3. Menikmati Cantiknya Sunset dan Sunrise
Waktu terbaik mengunjungi hutan mangrove ini adalah pagi menjelang matahari terbit (sunrise) atau saat sore menjelang matahari terbenam (sunset). Pemandangan alam yang tersaji di sekitar pantai hutan mangrove pada kedua momen itu sangatlah istimewa. Cahaya dari matahari yang masuk di sela pepohonan bakau menampilkan panorama yang sangat mempesona. Jangan lupa siapkan kamera dengan kapasita penyimpanan yang cukup besar untuk mengabadikan momen-momenn indah tersebut.

Itulah informasi beragam daya tarik Hutan Mangrove Pasir Kadilangu yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman.

Related posts