Beberapa Tempat Wisata di Jogja Yang Sering Dikunjungi Bagian 2

Beberapa Tempat Wisata di Jogja Yang Sering Dikunjungi Bagian 2

Tempatwisatadiyogyakarta.web.id – Berikut ini kita akan membahas mengenai Tempat Wisata di Jogja yang sering di kunjungi bagian ke 2, apakah kalian tertarik untuk berlibur di kota tersebut ? Yuk, langsung aja kita cek.

Tempat Wisata di Jogja

Selain candi, Yogyakarta memiliki banyak tempat tujuan wisata lainnya, baik wisata alam budaya, wisata belanja dan wisata kuliner. Anda akan butuh waktu cukup lama untuk explore Jogja, ga bakal cukup hanya dengan satu atau dua hari saja.

Berikut beberapa tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi:

6. Jalan Malioboro

Jalan paling terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan ini terdapat toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, dari pakaian, kerajinan tangan sampai makanan. Salah satu hal yang khas mengenai Malioboro adalah penjual makanan lesehan.

Penjual makanan lesehan ini akan menggelar lesehannya setelah jam 5 sore. Jalan Malioboro akan lebih ramai pada malam hari karena di beberapa tempat akan ada beberapa group pemusik jalanan yang akan menghibur pengunjung dengan lagu-lagu mereka.

Selain itu pada malam hari Anda juga dapat melihat beberapa orang mengenakan berbagai macam kostum yang akan bersedia difoto tanpa bayaran. Jalan Malioboro memang selalu menarik untuk dikunjungi. Suasana jalan ini memang unik, anda yang mencari wisata jogja malam hari juga bisa berjalan-jalan santai disini.

Jalan Malioboro bisa dikatakan salah satu spot foto di Jogja yang wajib. Rasanya ga lengkap berlibur jika ngga berfoto disini.

Baca Juga : Beberapa Tempat Wisata di Jogja Yang Sering Dikunjungi

7. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo terletak di Jalan Malioboro. Pasar tertua di Yogyakarta ini terkenal sebagai tempat turis membeli souvenir dengan harga murah. Berbagai macam barang tersedia di pasar ini, dari batik, makanan tradisional, uang kuno, bahan dasar jamu tradisional hingga barang antik.

Belum lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tapi belum mengunjungi pasar Beringharjo yang merupakan salah satu tempat legendaris di Yogyakarta.

8. Benteng Vredeburg Yogyakarta

Satu lagi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Benteng Vredeburg juga terletak di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini telah menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

Pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga dijadikan tempat penyelenggaran beberapa festival kebudayaan. Apabila Anda hanya ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana di benteng Belanda ini maka kunjungilah café yang menyajikan makanan khas Belanda yang berada di dalam benteng,yang bernama Indische Koffie.

9. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong Km 25 Kaliurang Barat, Sleman,Yogyakarta. Tempat wisata Sleman ini dibangun diatas area seluas 1,2 hektar dengan suhu udara sekitar berkisar antara 15-20 derajat celcius. Arsitektur museum ini sangat unik, jalan masuk ke dalam museum sendiri terdiri dari undakan, kelokan dan labirin yang menuju ke salah satu ruang pameran yang berada di bawah tanah.

Museum Ullen Sentalu berisi koleksi mengenai sejarah dan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Berkunjung ke Ullen Sentalu akan menambah wawasan Anda mengenai sejarah kebudayaan Jawa. Pemandu di museum ini akan memberikan penjelasan dengan detil mengenai semua benda seni di dalam museum ini. Museum Ullen Sentalu memiliki aturan yang sangat ketat.

Pengunjung tidak diperkenankan mengambil foto dari semua benda yang dipamerkan dalam museum ini selama tur berlangsung. Sangat disayangkan memang, tetapi satu nilai lebih dari aturan ini adalah Anda akan benar-benar fokus mendengarkan penjelasan pemandu, menikmati dan menghargai benda-benda seni yang berada di museum ini. Museum Ullen Sentalu sangat pantas untuk dikujunungi sebagai tempat wisata pendidikan dan budaya.

10. Keraton Yogyakarta

Salah satu tempat wisata budaya lainnya di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini adalah salah satu bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan dan keluarga Sultan. Di keraton ini juga terdapat museum yang memamerkan barang-barang kesultanan Yogyakarta dari barang rumah tangga sampai barang-barang unik yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi keraton adalah dipagi hari karena tempat ini hanya dibuka sampai jam 2 siang. Bila Anda berminat, Anda juga bisa menyewa pemandu yang telah disediakan keraton untuk menjelaskan mengenai arsitektur dan sejarah keraton dengan harga yang tidak begitu mahal.

Related posts